25.11.08

Aplikasi Payet atau Mote

Anda sering ada acara pesta tapi bingung cari dress yang menarik. Sudah bosan memakai gaun kesayangan atau koleksi pakaian yang dipakai terus-menerus atau belum ada anggaran untuk belanja gaun baru. Daripada disimpan dan berjamur dalam lemari, ada suatu trik untuk menyiasati yang satu ini, salah satunya yaitu memodifiikasi gaun lama atau gaun kesayangan anda dengan mengaplikasikan mote atau payet.

Payet memang membutukan sedikit keahlian dan kesabaran khususnya bagi mereka yang baru belajar mengaplikasikan payet pada pakaiannya, memang modifikasi ini butuh waktu lama namun bila terus berlatih dan sabar maka hasil yang diharapkan juga pasti akan tercapai. Payet atau mote sering diaplikasikan dalam kebaya atau gaun-gaun pesta karena aplikasi payet atau mote pada pakaian dapat memberikan kesan glamor pada yang memakainya, namun payet atau mote dapat juga diaplikasikan pada kemeja, kaos, tas pesta, sendal, sepatu dan lain-lain. Tinggal memperhatikan pemilihan warna dan polanya, pakaian lama yang biasa-biasa saja akan menjadi baru dan lebih indah. Pengaplikasian payet atau mote pada pakaian khususnya kebaya dapat mengeluarkan keindahan textur dan pola dalam bahan kebaya tersebut.

Dalam perawatannya, pencucian pakaian beraplikasikan payet atau mote sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci karena payet akan rusak dan benang sulam terlepas. Rendam bahan berpayet dengan detejen, biarkan deterjen yang mencuci sendiri (tanpa dikucek atau disikat) sampai beberapa menit. Bilas dengan air tanpa diperas lalu gantung dan jemur di tempat yang teduh. Bahan yang ada payet sebaiknya tidak perlu diseterika. Jika mengharuskan, seterikalah pada bagian dalamnya sebentar saja untuk menghindari payet tidak melepuh, (tips ini ditulis Maya & Coly). Nah sekarang anda sudah bisa menghadiri acara pesta atau undangan pernikahan tanpa bingung cari-cari pakaian, sudah ada baju lama yang disulap menjadi istimewa hanya bermodalkan ketekunan dan kesabaran.

Namun buat anda yang disibukan dengan kegiatan sehari pastinya tidak ada waktu untuk melakukan kegiatan modifikasi ini. Tapi ga usa khawatir, berhubung aku ada tempat payetnya klo ada yang mau modifikasi gaun, kebaya atau yang lainnya tinggal kontak lewat email. Biasanya waktu modifikasi dengan aplikasi payet tergantung banyak dan pola yang diinginkan. Untuk modifikasi gaun pesta atau yang lain seperti tas pesta, sendal, sepatu dengan aplikasi payet atau mote biasanya 3 hari juga sudah selesai. Semakin banyak payetnya dan semakin rumit pola khususnya untuk kebaya pengantin dengan full payet pasti memakan waktu cukup lama juga sekitar 1 bulan, tapi cepet juga bisa tergantung pemesanan aja, tapi ga bisa diburu-buru juga takutnya hasilnya tidak memuaskan.

Untuk pengaplikasian payetnya sendiri ga mahal-mahal banget, ya... kalau buat patokan sih biasanya setengah dari harga bahan payet yang dipasang dan kerumitan polanya